Jumat, 25 Januari 2013

Happy "1 tahun" hamster :)

sebenernya sih kemaren tanggal 24 Januari 2013. Tapi baru sempet posting sekarang hehe maklum ya anak kelas 3 sma jadi masih sibuk-sibuknya di sekolah :) *sok sibuk*

Jadi, ceritanya kemaren tuh hari 1 tahun aku pelihara hamsterku namanya cihuahua sama puddle (namanya aneh ya? lho.. itukan nama anjing) haha awalnya aku pingin punya anjing kecil soalnya mereka itu imut-imut tapi karena aku muslim jadi gak boleh pelihara anjing. Jadinya hamsterku aku kasih nama gitu. haha. balik lagi ke hamster deh. ^^ sebelumnya kalo pelihara hamster yang udah-udah gak sampe 1 semester bahkan ga sampe sebulan pasti hamsternya mati. mungkin karena perawatannya gak bener kali ya.. tapi akhirnya sekarang udah bisa pelihara hamster sampe 1 tahun.. semoga hamster-hamsterku dikasih umur panjang ya Allah, amin...

Belajar dari kasus-kasus sebelumnya akhirnya aku tau kalo aku gak bener ngerawat hamster yang udah-udah makanya cepet mati. tiap hari aku kasih makan worteeeel mulu. gak aku kasih minum juga. jadi diare dia. kandangnya juga jarang dibersihin. kasihan deh pokoknya, jadi mati >< maklum ya namanya juga pemula.. masih awam hehehe

aku mau kasih tips nih buat yang suka pelihara hamster tapi punya masalah kaya aku dulu atau yang pengen pelihara hamster. sebenernya ga repot kok ngrawat hamster.

Pertama, habis hamsternya udah kebeli, jangan lupa beli kandangnya. kandangnya agak besaran soalnya kalo sempit kan kasihan juga hamsternya susah lari-lari apalagi hamster itu kan hewan yang lincah. kandangnya bisa dari Aquarium, bisa juga yang ada di petshop. harganya sih sekitar 80ribuan-300ribuan kalo gak salah. aku aja beli aquarium di pasar sekitar 90ribuan tapi aku tawar jadi 75ribu. Jangan lupa sediain minimal 1 mainan deh di kandangnya supaya gak stress. nanti kandangnya dikasih alas, bisa dari pasir/serbuk kayu tanpa dikasih zat kimia ;)

Kedua, tentang makanan dan minuman hamster. Makanan hamster terbaik ya masih tetep makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. tapi tetep harus hati-hati juga buat milih makanan impor. kalo terlalu banyak bahan pewarna, biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya juga bisa merugikan hamster itu sendiri. selain makanan impor dari pabrik. kita juga bisa kasih biji-bijian, taoge(hamsterku suka banget kalo dikasih taoge).

Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
Apel,Pir,Pisang,Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah,Kacang kulit,Kacang mete,Kacang almond,Kacang kedelai
Roti tawar,Biskuit Cracker,Oatmeal,Corn Flakes
-Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster: Selada,Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll),Ketimun
-Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster: Jeruk dan semua bangsa citrus, Cokelat, Makanan yang telah diberi bumbu

minuman hamster bisa berasal dari sayur-sayuran yang dimakan. atau bisa juga dikasih botol minum hamster. kalo hamsterku kalo udah dikasih taoge jarang minumnya.

Ketiga, kebersihan kandang hamster. jangan lupa seminggu sekali alas kandangnya diganti. kalo pake serbuk kayu, serbuk kayunya diganti sama yang baru. kalo aku pakenya serbuk kayu buat alas. tapi waktu ngebersihin kandang jangan sampe kandangnya basah. kalo basah bisa di lap dulu. hehe jadi diusahain biar kandangnya tetep kering. begitu juga sama hamsternya jangan sampe hamsternya basah, Boleh sih dimandikan tapi jangan sampai basah banget karena hamster itu sangat sensitive. Kalo udah terlanjur basah segeralah keringkan. Hamster itu sebenernya punya cara sendiri loh buat mandi.

gimana, gampang kan ngerawatnya. :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar